Selasa, Maret 24, 2009

Batu Hitam

Batu Hitam atau dalam bahasa Arab nya Al-Hajar Al-Aswad, adalah sebuah batu bundar yang berwarna hitam dan berlubang, terletak di sudut timur Kaabah atau sebelah kiri Multazam (antara Hajar Aswad dan pintu Kaabah), tingginya sekitar 150 sentimeter, di atas tanah.

Kita tahu setiap tahun, ribuan bahkan jutaan orang datang ke Kota Makkah untuk melaksanakan ibadah Haji. Dimana salah satu rukun Haji adalah Thawaf; yaitu mengelilingi kaabah sebanyak 7 kali. Kita pun tahu sebelum mengakhiri Thawaf ada baiknya kita bisa mencium Hajar Aswad ini sebagai bentuk penghormatan kita terhaap Kaabah. Tapi tahukah kamu misteri yang menyelimuti Batu Hitam itu sendiri?

Menurut banyak riwayat, antara lain dari Abdullah bin Umar bin Khattab, Hajar Aswad berasal dari syurga. Riwayat lain menerangkan bahwa Hajar Aswad dibawa turun oleh malaikat dari langit ke dunia. Abdullah bin Abbas juga meriwayatkan bahwa Hajar Aswad ialah batu yang berasal dari syurga, tidak ada sesuatu pun selain batu itu yang diturunkan dari syurga ke dunia ini.

Konon Batu Hitam ini dulunya berwarna putih berkilauan, lalu berubah menjadi hitam karena perbuatan keji dan kotor yang dilakukan oleh orang-orang yang berdosa di dunia. Dalam salah satu hadist, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya hitam". ( Jami al-Tirmidzi al-Hajj (877)

Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa Batu Hitam merupakan batu tertua di dunia dan juga bisa mengambang di air. Di sebuah museum di negara Inggris, ada tiga buah potongan batu tersebut ( dari Ka’Bah ) dan pihak museum juga mengatakan bahwa bongkahan batu-batu tersebut bukan berasal dari sistem tata surya kita.

1 komentar:

InsuranceService99 mengatakan...

Business and Marketing
Benchmark Property Management
Personal Finance and Business
Your Business Insurance

Poskan Komentar

Tulislah komentar, walau hanya satu kata....
^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Followers

©2009 Tisti Rabbani | by TRB